
UPT SMP Negeri 2 Jatirogo Gelar In House Training, Guru Makin Kreatif dengan Educaplay
Jatirogo, 30 November 2024- UPT SMP Negeri 2 Jatirogo
kembali berinovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Komunitas Belajar
yang diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan UPT SMP Negeri 2
Jatirogo kali ini mengusung tema "Inovasi Media Pembelajaran Interaktif
untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa".
Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu, 30 November 2024 ini
berhasil menghangatkan ruang pertemuan UPT SMP Negeri 2 Jatirogo dengan
antusiasme pesertanya. Dengan narasumber Bapak Edy Munif, S.Pd, Kegiatan In
House Training (IHT) memperkenalkan aplikasi Educaplay sebagai salah satu
aplikasi pembelajaran yang sangat menarik untuk dipelajari. Aplikasi yang
berbasis web ini memungkinkan guru untuk membuat berbagai jenis permainan
edukasi yang dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran. Mulai dari kuis, teka-teki,
hingga sebuah kompetisi, semua dapat dibuat dengan mudah dan menarik.
"Dengan Educaplay, pembelajaran tidak lagi
membosankan," ujar Bapak Edy Munif, S.Pd. "Peserta didik akan lebih
termotivasi untuk belajar karena materi pembelajaran disajikan dalam bentuk
yang menyenangkan dan interaktif."
Para peserta terlihat sangat tertarik dengan pengetahuan
baru ini. Mereka langsung praktik menggunakan Educaplay dan mencoba membuat
berbagai game edukasi sesuai mata pelajaran yang diampunya. Beberapa dari
mereka juga aktif bertanya untuk menghapuskan rasa penasarannya. "Saya
sangat senang bisa mengetahui aplikasi Educaplay ini, saya yakin peserta didik
akan lebih seneng dan tidak mudah bosan dengan media pembelajaran yang lebih
interaktif ini," ungkap ibu Inayatul Wafiroh, S.A.P, salah satu peserta
IHT.
Manfaat Educaplay untuk Pembelajaran
Penggunaan aplikasi Educaplay sebagai media
pembelajaran memiliki banyak manfaat,
antara lain:
Meningkatkan motivasi belajar:
Permainan edukasi yang menarik dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
Memperkuat pemahaman konsep:
Melalui permainan, siswa dapat mempraktikkan secara langsung konsep yang telah
dipelajari.
Menumbuhkan kemampuan berpikir
kritis: Permainan edukasi seringkali dirancang untuk merangsang siswa berpikir
kritis dan memecahkan masalah.
Membuat pembelajaran lebih
menyenangkan: Pembelajaran yang menyenangkan akan membuat peserta didik lebih
mudah mengingat materi pelajaran.
Komitmen
SMP Negeri 2 Jatirogo dalam Inovasi Pembelajaran
Kegiatan IHT ini merupakan salah satu bukti komitmen UPT SMP
Negeri 2 Jatirogo dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sekolah terus
berupaya untuk menghadirkan inovasi-inovasi baru yang dapat mendukung proses
belajar mengajar.
"Kami berharap dengan adanya IHT ini, para guru dapat
lebih kreatif dalam merancang pembelajaran," ujar Bapak Mukmanan, S.Pd.,
M.Pd., Kepala UPT SMP Negeri 2 Jatirogo. "Kami juga berharap peserta didik
dapat lebih aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran," lanjut
beliau dalam penutupan kegiatan tersebut.