NEWS UPDATE :  
SMPN 2 JATIROGO

Berita

UPT SMP Negeri 2 Jatirogo Gelar In House Training, Guru Makin Kreatif dengan Educaplay

Jatirogo, 30 November 2024- UPT SMP Negeri 2 Jatirogo kembali berinovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Komunitas Belajar yang diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan UPT SMP Negeri 2 Jatirogo kali ini mengusung tema "Inovasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa".

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu, 30 November 2024 ini berhasil menghangatkan ruang pertemuan UPT SMP Negeri 2 Jatirogo dengan antusiasme pesertanya. Dengan narasumber Bapak Edy Munif, S.Pd, Kegiatan In House Training (IHT) memperkenalkan aplikasi Educaplay sebagai salah satu aplikasi pembelajaran yang sangat menarik untuk dipelajari. Aplikasi yang berbasis web ini memungkinkan guru untuk membuat berbagai jenis permainan edukasi yang dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran. Mulai dari kuis, teka-teki, hingga sebuah kompetisi, semua dapat dibuat dengan mudah dan menarik.

"Dengan Educaplay, pembelajaran tidak lagi membosankan," ujar Bapak Edy Munif, S.Pd. "Peserta didik akan lebih termotivasi untuk belajar karena materi pembelajaran disajikan dalam bentuk yang menyenangkan dan interaktif."

Para peserta terlihat sangat tertarik dengan pengetahuan baru ini. Mereka langsung praktik menggunakan Educaplay dan mencoba membuat berbagai game edukasi sesuai mata pelajaran yang diampunya. Beberapa dari mereka juga aktif bertanya untuk menghapuskan rasa penasarannya. "Saya sangat senang bisa mengetahui aplikasi Educaplay ini, saya yakin peserta didik akan lebih seneng dan tidak mudah bosan dengan media pembelajaran yang lebih interaktif ini," ungkap ibu Inayatul Wafiroh, S.A.P, salah satu peserta IHT.


Manfaat Educaplay untuk Pembelajaran

Penggunaan aplikasi Educaplay sebagai media pembelajaran  memiliki banyak manfaat, antara lain:

Meningkatkan motivasi belajar: Permainan edukasi yang menarik dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

Memperkuat pemahaman konsep: Melalui permainan, siswa dapat mempraktikkan secara langsung konsep yang telah dipelajari.

Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis: Permainan edukasi seringkali dirancang untuk merangsang siswa berpikir kritis dan memecahkan masalah.

Membuat pembelajaran lebih menyenangkan: Pembelajaran yang menyenangkan akan membuat peserta didik lebih mudah mengingat materi pelajaran.

 

Komitmen SMP Negeri 2 Jatirogo dalam Inovasi Pembelajaran

Kegiatan IHT ini merupakan salah satu bukti komitmen UPT SMP Negeri 2 Jatirogo dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sekolah terus berupaya untuk menghadirkan inovasi-inovasi baru yang dapat mendukung proses belajar mengajar.

"Kami berharap dengan adanya IHT ini, para guru dapat lebih kreatif dalam merancang pembelajaran," ujar Bapak Mukmanan, S.Pd., M.Pd., Kepala UPT SMP Negeri 2 Jatirogo. "Kami juga berharap peserta didik dapat lebih aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran," lanjut beliau dalam penutupan kegiatan tersebut.


by: dwi_novitasari 

KALENDER

September 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30
SMPN 2 Jatirogo Channel