
IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI GELAR KREASI SENI DAN MARKET DAY
Visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Sementara Profil Pelajar Pancasila mendukung visi tersebut dengan menjadikan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau secara umum dikenal dengan P5 merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. tahapan P5 diawali dengan memahami P5, kemudian menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain projek P5, mengelola P5, mendokumentasikan serta melaporkan hasil P5, dan yang terakhir adalah evaluasi dan tindak lanjut P5. Kompetensi P5 memperhatikan beberapa faktor yang dapat memberikan pengaruh, baik faktor internal atau faktor eksternal. Adapun contoh faktor internal yang diperhatikan adalah ideologi, sementara contoh dari faktor eksternal adalah tantangan di era digital.
Manfaat P5 adalah untuk memberikan ruang bagi seluruh anggota satuan pendidikan untuk dapat mempraktikkan profil pelajar Pancasila. P5 memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi setiap pihak yaitu diantaranya :
1. Manfaat bagi Satuan Pendidikan:
Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah
ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat, serta sebagai
organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di
sekitarnya.
2. Manfaat bagi Pendidik:
Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan
kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila dan merencanakan
proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas, serta mengembangkan
kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik
dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.
3. Manfaat bagi Peserta Didik:
Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik
mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila
dan merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang
jelas, serta mengembangkan kompetensi
sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata
pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.
(sumber : artikel detikedu, Mengenal P5 dalam
Kurikulum Merdeka dan Manfaatnya)
Tujuan utama dari projek penguatan profil pelajar
pancasila (P5) adalah menumbuhkan dan mengembangkan ketrampilan siswa (Soft
Skill) yang sesuai dengan karakter Profil Pelajar Pancasila, sehingga dalam
pembelajarannya yang diutamakan adalah prosesnya.
Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila di SMP Negeri 2 Jatirogo untuk semester genap tahun pelajaran
2022-2023 mengambil tema Kearifan Lokal dan Kewirausahaan. Dengan Dimensi
Berkebhinekaan Global, Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
Berakhlak Mulia, Mandiri dan Kreatif.
Hasil akhir dari pelaksanaan P5 di SMP Negeri 2 Jatirogo ini
diwujudkan dalam Gelar Kreasi Seni dan
Market Day yang berlangsung selama dua hari yaitu Senin danSelasa, 20 – 21 Maret 2023, bertempat di halaman SMP Negeri 2 Jatirogo. Dalam pagelaran
unjuk karya tersebut siswa berkolaborasi dengan tim melalui bimbingan dan
arahan dari fasilitator dan guru pendamping masing-masing sesuai dengan
macam-macam kegiatan aktivitas atau Lembar Aktivitas Siswa yang ada di Modul
siswa.
Berbagai tampilan atau unjuk karya siswa dari siswa kelas VII dan
VIII terdiri dari dua macam kegiatan. Pada hari pertama Senin, 20 Maret 2023
yang tampil untuk kreasi seni kelas VIII, dengan rincian tampilan:
1.
Kelas VIII A Tari Kreasi
2.
Kelas VIII B Tari Kreasi
Paris Berantai
3.
Kelas VIII C Tari Kreasi
4.
Kelas VIII D Tari Gandrung Banyuwangi dan Apuse Yamko Rambe Yamko
5.
Kelas VIII E Tari Barongan dan Tari Bajidor Kahot
6.
Kelas VIII F Anoman Obong dan Tari Sintren
7.
Kelas VIII G Tari Gambyong
Tampilan hari kedua Selasa 21 Maret 2023 dengan tampilan kreasi
kelas VII dengan Rincian :
1.
Kelas VII A Senam Pemuda Pancasila dan Tari Maumere
2.
Kelas VII B Tari Saman
3.
Kelas VII C Tari Ngganong
4.
Kelas VII D Sendratari Roro Jonggrang
5.
Kelas VII E Drama Ande – Ande Lumut
6.
Kelas VII F Tari Gundul – gundul Pacul
7.
Kelas VII G Tari Kreasi Nusantara
Sementara itu untuk Market Day tiap kelas menampilkan hasil kreasi
wirausaha mereka. Aroma rempah selalu tercium sepanjang depan ruang guru hingga
lapangan upacara. Lapak mereka berjajar rapi sepanjang jalan menuju tempat
acara. Tidak sekedar mengejar omzet jualan. Lebih dari itu, siswa memiliki
keterampilan membuat produk, sekaligus memasarkannya.
